Keranjang 0 item 0

Saat yang Tepat Untuk Beternak

Seperti yang kita ketahui, bahwa Corona Virus (CoVid-19) penyebarannya sangat cepat dan luas. Sampai beberapa Negara di waktu belakangan ini , maka pemerintah Indonesia  menghimbau warga nya untuk tetap berada di dalam rumah (#dirumahsaja ) https://www.detik.com. Di rumah bukan berarti terbebas dari risiko terpapar CoVid-19, kebersihan dan daya tahan tubuh (Imunitas) perlu terus di jaga, agar peluang terinfeksi virus tersebut bisa diminimalisir.
Nah ini kesempatan kita untuk berternak di rumah atau di halaman yang luas untuk dijual lagi atau dikonsumsi sendiri anda bisa beternak unggas atau kambing  bahkan sapi kalau memiliki halaman yang luas Berikut adalah tips untuk mengembangkan usaha  ternak dengan baik

1. Tetapkan Modal Awal Usaha Ternak
Jangan merasa takut untuk mengeluarkan modal. Untuk memulai usaha ternak  memang membutuhkan modal yang besar namun Anda bisa mendapatkan keuntungan bekali-kali lipat.
Modal awal yang Anda tetapkan harus bisa mencukupi kebutuhan ternak  seperti kandang, pangan, bibit unggul, pakan, dan lainnya. Selain itu, Anda juga perlu jaringan untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai merawat dan berbisnis ternak.
2. Memilih Jenis hewan ternak
Jenis hewan ternak yang anda bisa pilih berbagai macam . Ada. Pastikan  Anda harus mengetahui secara terperinci jenis-jenis hewan lokal dan impor, jadi Anda baru bisa memilih jenis hewan mana yang ingin Anda budidayakan. Sedikit informasi. Anda dapat memilih hewan ternak untuk indukan  berumur cukup umur diatas 12 bulan dan sepasang (jantan atau betina) dan yang pastinya harus sehat. Untuk harga komoditas beli  indukan hewan berkualitas tergantung kebutuhan dan kemampuan anda.
3. Menyiapkan Kandang
Anda harus memastikan luas tempat untuk kandang  sesuai dengan jumlah ternak yang dikehendaki . Kandang yang memuat 10 ekor  biasanya membutuhkan modal kurang lebih Rp 5 juta. Usahakan membuat kandang  jauh dari pemukiman penduduk dan berikan jarak minimum 5 meter antara kandang dan rumah peternak. Kandang juga memerlukan sinar matahari yang cukup untuk menjaga suhu didalam kandang.
4. Membuat Kandang
Pembuatan kandang sapi juga perlu diperhatikan. Ada berbagai posisi kandang  yang bisa Anda buat, ada yang satu baris sejajar atau dua baris yang berhadapan atau dengan posisi mengelilingi kandang saling berhadapan atau berlawanan. Hal ini bergantung kepada jumlah hewan yang Anda ternak. Jangan lupa memberikan lubang ventilasi agar cahaya matahari bisa masuk dan kandang tidak lembab.

5. Memilih Bibit Ternak yang Unggul
Tips memilih bibit hewan ternak yang ungul adalah Memiliki bentuk tubuh yang proporsional, Memiliki tinggi tubuh yang sama antara depan dan belakang serta tubuhnya memanjang  memiliki kaki yang kokoh dan tulang kaki yang besar , Untuk memulai usaha ternak Anda, pilihlah bibit hewan yang sudah berusia cukup usia, Bibit hewan ternak yang Anda pilih harus memiliki napas yang teratur dan sehat, Memiliki sistem pencernaan yang lancar terlihat dari kotoran nya,  dan bibit ternak memiliki gerak yang aktif. (Sumber  : https://www.pertanianku.com/)

6. Pemberian Pakan
Ini suatu unsur yang paling penting untuk pemberian pakan yang benar juga diperlukan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak  tersebut. Pemberian pakan hijau saja kurang efektif, khusus nya untuk hewan kambing dan sapi  perlu menggabungkan antara pakan hijau dengan pakan yang mengandung konsentrat, disini kami menyiapkan pakan ternak yang bermutu baik dan membuat perkembangan sapi dan hewan unggas dengan cepat, Mau berternak hewan sapiatau unggs  tapi bingung bagamanai cara nya ? Atau mau beli pakan hewan berkualitas? Kami siap membantu anda dengan Konsultasi seputar hewan ternak dan pakan ternak

Leave a comment