Usaha ternak unggas dirumah yang menguntungkan

Usaha ternak unggas dirumah yang menguntungkan

Sahabat 3 daun mungkin sekarang kita sedang mengalami permasalahan dimana  mewabahnya virus covid-19, sebagaiamana yang kita ketahui bahwa kita harus berada dirumah dan menjaga jarak dengan semua orang (social discanting).  Maka dari itu sekarang ini yang tepat adalah memafaatkan suasana tersebut dengan membuat usaha berternak unggas dirumah.

Disini kami ingin memberikan beberapa tips dan trik bagaimana cara berternak unggas dirumah yang menguntungkan yuk.. kita simak dan cermati beberapa poin poin penting dibawah ini.

1. mempersiapkan dan membuat kandang hewan ternak unggas

Hal ini adalah yang terpenting didalam memulai  usaha berternak unggas untuk menjaga hewan ternak agar tetap terjaga dan selalu dalam kondisi sehat, Untuk ukuran kandang skala rumahan umumnya bisa disesuaikan dengan lahan yang tersedia. Namun idealnya , ukuran kandang yang digunakan adalah panjang 2 meter x lebar 3 meter dan tinggi 2 meter untuk memelihara 100 ekor ayam/bebek. Kandang sebisa mungkin dibuat menghadap ke posisi timur barat dan saat ingin menambah pemeliharaan ayam, maka ukuran kandang bisa diperbesar. Dan yang perlu diperhatikan lagi untuk memlihara bebek harus lah memliki sarana kolam air untuk bebek tersebut dapat bermain di kolam tersebut.

2. Pemilihan bibit hewan ternak unggas

Untuk memilih bibit ayam negeri unggulan bisa dilihat dari gerakan yang aktif meski tubuh terlihat gemuk, memiliki bulu yang terlihat mengkilap dan bersih, lubang hidung dan anus yang bersih dan tidak banyak terdapat kotoran. Dan untuk mendapatkan bibit yang baik sekarang banyak dijual Online dan lasung dapat dibeli di pasar hewan. Disini kami sarankan untuk memilih bibit hewan ternak unggas yang dapat bertahan dan lebih kuat dengan memelihara hewan ternak ayam kampung. Dimana ayam kampung ini lebih kuat bertahan dalam cuaca dan lebih mudah pemeliharaan nya.

3. Pakan hewan ternak

Untuk pakan juga harus diperhatikan dan disiapkan dengan baik dan ketersediaan nya harus bias diatasi karena pakan adalah salah satu faktor yang mebuat hewan tersebut dapat berkembang dan memiliki produksi yang baik. Kami disini menyediakan pakan ternak cap 3 daun untuk ayam pedaging starter dan finisher juga menyediakan pakan untuk bebek baik pedaging dan petelur.

4. Perawatan

Perawatan untuk ternak ayam yang paling rentan dilakukan pada minggu pertama yakni anak unggas baru berumur hingga 1 minggu perlu extra perawatan baik dari segi kebersihan dan suhu kandang nya . Serta pakan ternak dan vaksin yang cukup.

5. Panen dan penjualan.

Untuk panen ayam negeri sudah bisa dilakukan antara umur 35 hingga 42 hari dan berat ayam sudah lebih dari 39 gram. Ayam juga harus segera dipasarkan untuk menekan biaya pakan dan menghindari ayam stres saat proses transportasi sehingga ayam akan mati dan tentunya sangat merugikan. Sebelum ayam dipanen, sebaiknya akan lebih dulu tempat pakan namun biarkan tempat minumnya dan tambahkan dengan gula merah khususnya jika akan dibawa dengan perjalanan jauh. Tangkap juga ayam pada bagian kaki dengan hati hati dan pegang kuat pada persendian untuk menghindari patah pada kaki ayam tersebut. Beda dengan ayam kampung akan lebih lama untuk memanen nya Ayam Kampung Asli dapat dipanen pada umur 60 – 70 hari. Berat pada saat di panen untuk jantan sekitar 800 gram sedangkan untuk betina beratnya sekitar 500 gram. Untuk bebek pedaging bias mencapai 45 hari.

Untuk pemasaran sahabat 3 daun tidak perlu kwatir akan hal ini, bias menjual di berbagai tempat untuk skala kecil bias menjual di pasar atau online shop dalam keadaan mati.

Jadi sahabat 3 daun tidak perlu kwatir dengan keadan yang sekarang kita alami dengan berdiam diri dirumah menjauhi dari keramaian (PSBB)  beternak unggas kecil kecilan dapat menghasilkan uang tambahan yang berlipat dan apabila ingin terus mengembangkan usaha ternak nya dapat memperluas kandang nya. Disini kami siap untuk memberikan pakan ternak yang cocok untuk usaha Anda

Leave a comment